India Kirim Tim Pejabat ke Afghanistan, Bertemu Pemimpin Senior Taliban

Anton Suhartono · Kamis, 02 Juni 2022 - 13:39:00 WIB
India Kirim Tim Pejabat ke Afghanistan, Bertemu Pemimpin Senior Taliban
India mengirim tim pejabat Kemlu untuk bertemu para pemimpin senior Taliban (Foto: AP)

NEW DELHI, iNews.id - India mengirim tim terdiri atas pejabat kementerian luar negeri (kemlu) ke Kabul, Afghanistan. Mereka akan bertemu dengan pejabat senior pemerintahan Taliban.

Ini merupakan pengiriman delegasi pemerintajh India pertama sejak Amerika Serikat (AS) menarik pasukan dari negara itu pada Agustus 2021.

"Tim India akan bertemu dengan anggota senior Taliban dan berdiskusi tentang bantuan kemanusiaan India untuk rakyat Afghanistan," bunyi keterangan Kemlu India, dikutip dari Reuters, Kamis (2/6/2022).

Para pejabat itu akan mengawasi pengiriman bantuan kemanusiaan serta mengunjungi daerah-daerah yang terdapat program atau proyek yang didukung India.

India telah menyumbang sekitar 20.000 ton gandum, 13 ton obat-obatan, 500.000 dosis vaksin Covid-19, dan pakaian musim dingin, di samping obat-obatan dan biji-bijian yang masih dalam perjalanan.

Negara Asia Selatan itu menarik diplomatnya dari Afghanistan pada Agustus serta menutup kedutaan besar. Meski demikian India masih ingin mempertahankan hubungan dengan Afghanistan.

Sejauh ini India belum menentukan kapan akan mengaktifkan kedubesnya di Kabul.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda