Infeksi Covid Harian di Malaysia Diprediksi Capai 20.000 Kasus Per Hari, Kok Bisa?

Antara ยท Kamis, 11 Februari 2021 - 21:22:00 WIB
Infeksi Covid Harian di Malaysia Diprediksi Capai 20.000 Kasus Per Hari, Kok Bisa?
Malaysia telah memutuskan untuk memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menahan laju wabah Covid-19 hingga 31 Maret 2021. (Gambar: Tim Infografis iNews.id)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Infeksi Covid di Malaysia diprediksi meningkat hingga 20.000 kasus setiap hari, terhitung mulai 3 Maret 2021 pada tahun ini. Proyeksi tersebut berdasarkan perhitungan Institut Metrik dan Penilaian Kesehatan (IHME) Amerika Serikat.

Dirjen Kesehatan Kementrian Kesehatan Malaysia (KKM), Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah, mengemukakan informasi itu dalam pernyataannya lewat media sosial di Putrajaya, Kamis (11/2/2021). Sehubungan dengan hal itu, dia menyerukan kepada rakyat Malaysia untuk bersama-sama menurunkan angka penularan yang diramalkan.

“Mari kita tunjukkan bahwa kita dapat menurunkan angka yang diramalkan oleh IHME seperti yang kita lakukan dengan ramalan JP Morgan pada pertengahan April 2020,” katanya.

Analisis yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan asal AS, JP Morgan, pada tahun lalu memang pernah membuat prediksi bahwa puncak wabah Covid-19 di Malaysia terjadi pada pertengahan April 2020. Menurut lembaga itu, Malaysia pada periode tersebut akan mencatat kejadian infeksi mencapai 6.300 kasus per hari. 

Akan tetapi, prediksi JP Morgan itu mampu dimentahkan oleh Malaysia. Dengan tindakan pengendalian wabah yang baik, negeri jiran mampu menahan lonjakan infeksi dengan angka di bawah 300 kasus baru per hari sejak dimulainya pandemi Covid-19 hingga Oktober lalu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2