Inggris Jatuhkan Sanksi Baru untuk 3 Maskapai Rusia, Ini Tujuannya

Umaya Khusniah ยท Kamis, 19 Mei 2022 - 19:10:00 WIB
Inggris Jatuhkan Sanksi Baru untuk 3 Maskapai Rusia, Ini Tujuannya
Maskapai Aeroflot. (Foto: Reuters/Antara)

LONDON, iNews.id - Inggris telah memberlakukan sanksi baru terhadap tiga maskapai Rusia. Tujuannya, agar ketiganya tak dapat menjual slot pendaratan mereka yang tak terpakai di Bandara Inggris. 

Ketiga maskapai Rusia yang dimaksud di antaranya, Aeroflot milik negara, Ural Airlines dan Rossiya Airlines. Inggris memperkirakan, slot pendaratan itu bernilai 50 juta poundsterling atau sekitar Rp911 miliar. 

“Kami telah menutup wilayah udara kami untuk maskapai Rusia. Hari ini kami memastikan mereka tidak dapat menguangkan slot pendaratan mereka yang menguntungkan di bandara kami,” kata Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss dalam sebuah pernyataan, Kamis (19/5/2022).

Dia menambahkan, sanksi ekonomi Inggris terhadap Rusia tak akan berhenti sampai Ukraina menang. 

Inggris mengatakan, Aeroflot yang merupakan maskapai penerbangan terbesar Rusia dan mayoritas dimiliki oleh negara menyediakan layanan bagi pemerintah dan menghasilkan pendapatan bagi Kremlin. Inggris juga telah memberi sanksi kepada kepala eksekutif perusahaan.

Rossiya Airlines merupakan unit dari Aeroflot. Sementara Ural Airlines merupakan milik pribadi. Ketiganya sekarang mengalami pembekuan aset.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: