Iran Curiga Kapal Tanker Jepang Diserang saat PM Shinzo Abe Kunjungi Teheran

Anton Suhartono ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 19:05 WIB
Iran Curiga Kapal Tanker Jepang Diserang saat PM Shinzo Abe Kunjungi Teheran

Kapal tanker Front Altair terbakar di Teluk Oman diduga akibat serangan (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Dugaan serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman, dekat wilayah perairan Iran, Kamis (13/6/2019), terjadi saat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bertemu dengan pemimpin sipritual Ayatollah Ali Khamenei di Teheran.

Ironisnya, salah satu kapal yang mengalami kebakaran, Kokuka Courageous, merupakan milik perusahaan Jepang.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pun menyatakan kecurigaannya dengan dua insiden yang terjadi pada pagi hari itu.

"Serangan yang dilaporkan terhadap kapal tanker Jepang terjadi ketika PM @AbeShinzo bertemu dengan Ayatollah @khamenei_ir untuk pembicaraan yang ramah dan lapang," cuit Zarif, seperti dilaporkan kembali AFP.

Abe bertemu dengan Khamenei untuk meredakan ketegangan yang meningkat antara Iran dan Amerika Serikat (AS).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi menyatakan rasa prihatin atas insiden yang kebetulan ini. Padahal kehadiran Abe juga untuk membantu Iran keluar dari jeratan sanksi AS.

"Iran mendukung kerja sama dan pembicaraan di kawasan," ujar Mousavi.

Kokuka Courageous diketahui sebagai milik perusahaan Jepang Kokuka Sangyo Ltd. Pemilik mengonfirmasi tanker mereka diserang dan sebanyak 21 krunya diselamatkan setelah lompat ke laut.

Angkatan Laut Iran juga menyelamatkan 23 kru kapal lainnya yakni milik Nowegia, Front Altair.

Menurut media pemerintah Iran, Front Altair membawa ethanol dari Qatar menuju Taiwan, sedangkan Kokuka Courageous membawa metanol dari Arab Saudi ke Singapura.


Editor : Anton Suhartono