Iran Kembali Serang Pangkalan Oposisi Militan di Wilayah Kurdi Irak

Umaya Khusniah · Minggu, 25 September 2022 - 06:47:00 WIB
Iran Kembali Serang Pangkalan Oposisi Militan di Wilayah Kurdi Irak
Pasukan Garda Revolusi Iran dalam parade militer. (foto: Reuters)

TEHERAN, iNews.id - Garda Revolusi Iran melancarkan serangan artileri ke pangkalan oposisi militan negara itu yang berada wilayah Kurdi, Irak utara. 

Televisi pemerintah Iran melaporkan, serangan tertuju pada kelompok pemberontak Kurdi yang berbasis di Irak utara pada Sabtu (24/9/2022).

Iran menyalahkan pembangkang bersenjata Kurdi terlibat dalam kerusuhan yang sedang berlangsung di negara itu, terutama di barat laut. Wilayah itu merupakan tempat tinggal bagi sekitar 10 juta orang Kurdi Iran.

"Operasi ini akan berlanjut untuk memastikan keamanan perbatasan yang layak, menghukum teroris kriminal dan meminta pertanggungjawaban pejabat (Pemerintah Daerah Kurdi) terhadap peraturan internasional dan tugas hukum mereka," kata Pengawal Revolusi Iran dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi.

Pejabat Iran sering meminta Pemerintah Regional Kurdi Irak untuk mengekang kegiatan kelompok Kurdi Iran di daerah tersebut. Mereka juga mengatakan agen-agen Israel berbasis di wilayah tersebut. Namun hal itu dibantah oleh KRG.

Iran telah berulang kali menargetkan kelompok pemberontak Kurdi di wilayah Kurdi Irak. Bentrokan antara pasukan keamanan Iran dan kelompok-kelompok militan yang menentang pemerintah Teheran juga kerap terjadi di daerah perbatasan terpencil dan pegunungan.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda