Iran Klaim Ada Kemajuan dalam Perundingan Damai dengan Arab Saudi, tapi....

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 06 Juli 2021 - 19:07:00 WIB
Iran Klaim Ada Kemajuan dalam Perundingan Damai dengan Arab Saudi, tapi....
Ilustrasi hubungan Iran dengan Arab Saudi. (Foto: Ist.)

TEHERAN, iNews.id Iran mengklaim ada kemajuan yang baik dalam perundingan dengan Arab Saudi selaku saingan utamanya di Timur Tengah. Akan tetapi, Teheran juga mengakui bahwa perselisihan yang terjadi di antara kedua negara terbilang rumit, sehingga mungkin perlu waktu untuk diselesaikan.

“Kemajuan yang baik telah dicapai dalam pembicaraan (dengan Arab Saudi) ini. Dalam beberapa kasus, perselisihan mungkin memiliki kompleksitas yang membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” ungkap Juru Bicara Pemerintah Iran, Ali Rabiei, pada konferensi pers yang disiarkan oleh media pemerintah, Selasa (6/7/2021).

Arab Saudi dan negara-negara sekutunya di kawaan Teluk selama ini terus menekan Iran. Pasalnya, Teheran kerap mendukung pihak yang berlawanan dengan Riyadh dalam konflik di kawasan tersebut. Selain itu, Saudi juga menentang program nuklir, pengembangan rudal balistik, dan dukungan Iran untuk kelompok-kelompok militan.

Sementara itu, Iran pun mengkritik keras hubungan dekat negara-negara Teluk dengan musuh bebuyutan Teheran, yakni Amerika Serikat. Tak hanya itu, beberapa negara Arab bahkan melangkah terlalu jauh setelah memutuskan untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan Israel—sebuah negara yang tidak diakui Iran. Padahal, Iran selama ini selalu mendukung Palestina.

Sebagai upaya untuk menahan ketegangan di antara mereka, Arab Saudi dan Iran telah memulai pembicaraan langsung pada April lalu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel: