Iron Dome Israel Diklaim Tembak Jatuh 97 Persen Roket dari Gaza, Begini Sejarahnya

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 07 Agustus 2022 - 21:52:00 WIB
Iron Dome Israel Diklaim Tembak Jatuh 97 Persen Roket dari Gaza, Begini Sejarahnya
Seorang tentara Israel berdiri tak jauh dari sistem Iron Dome milik zionis (ilustrasi). (Foto: AP)

PALESTINA, iNews.id Israel mengklaim sistem pencegat Iron Dome miliknya berhasil menembak jatuh 97 persen roket Palestina yang menyasar wilayah yang dikuasai zionis, akhir pekan ini. Klaim tersebut mengisyaratkan adanya peningkatan pada kinerja sistem pertahanan yang didukung AS itu.

Iron Dome pertama kali diluncurkan pada 2011. Senjata itu bekerja dengan cara menembakkan rudal dari darat untuk menghantam berbagai roket serta ancaman jarak pendek lainnya yang datang lewat udara. 

Pada awal peluncurannya, senjata itu dinilai 85 persen berhasil mencapai target oleh para pejabat pertahanan Israel dan Amerika Serikat. Hasil penilaian tersebut lalu meningkat menjadi 90 persen dalam Perang Gaza 2012.

Iron Dome dibuat oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd, perusahaan industri pertahanan milik negara dengan dukungan dari perusahaan Raytheon Technologies Corp asal Amerika Serikat. Iron Dome dirancang untuk menghemat penggunaan rudal pencegat yang mahal, ketika Israel berhadapan dengan roket-roket Palestina yang biayanya lebih murah.

Kini, Israel menyebut efisiensi Iron Dome dalam mencegat roket-roket Palestina mencapai 97 persen, selama pertempurannya dengan kelompok militan Jihad Islam di Gaza sejak Jumat (5/8/2022) lalu. Angka tersebut sekaligus menjadi gambaran terbaik untuk kinerja sistem senjata tersebut sampai sejauh ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda