Israel Ancam Perluas Area Penghancuran Terowongan Hizbullah ke Lebanon

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 16:34 WIB
Israel Ancam Perluas Area Penghancuran Terowongan Hizbullah ke Lebanon

Menteri Intelijen Israel, Israel Katz. (Foto: Flash90)

TEL AVIV, iNews.id - Menteri Intelijen Israel, Israel Katz, mengatakan pihaknya siap mengambil tindakan di Lebanon terhadap terowongan-terowongan lintas-batas Hizbullah, jika hal itu memang diperlukan.

Pada awal pekan ini, militer Israel menyatakan menemukan sejumlah bagian yang digali melintasi perbatasan Israel-Lebanon untuk digunakan dalam melakukan serangan di dalam wilayah Israel.

Militer Israel mengirim penggali, pasukan, dan peralatan anti-terowongan ke perbatasan untuk menutupnya. Militer Israel, yang mulai meluncurkan operasi tersebut pada Selasa kemarin, menyebut kegiatannya akan berhenti di sisi perbatasan Israel.

Baca juga: Israel Hancurkan Terowongan yang Dibangun dari Lebanon oleh Hizbullah

Namun Katz menuturkan, bahwa jika memang diperlukan, Israel akan memperluas operasinya untuk menghancurkan terowongan Hizbullah ke wilayah Lebanon.

"Jika kami berpikir bahwa untuk menghancurkan terowongan, yang juga dioperasikan di sisi lain, maka kami akan beroperasi di sisi lain perbatasan," kata Katz, seperti dilaporkan Al Arabiya, Sabtu (8/12/2018).

Baca juga: Lebanon: Israel Tak Punya Bukti soal Terowongan Hizbullah

Keberadaan terowongan itu sendiri dibenarkan oleh Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL).

UNIFIL menyebut, terowongan berada di dekat perbatasan "garis biru" antara kedua negara dan menggambarkannya sebagai kejadian serius.

Baca juga: Hizbullah Bikin Terowongan ke Israel, Netanyahu Desak Pertemuan DK PBB


Editor : Nathania Riris Michico