Israel Setujui Pembelian 1 Skuadron Jet Tempur F-35 dari AS, Apa Kabar UEA?

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 17 Februari 2021 - 06:00:00 WIB
Israel Setujui Pembelian 1 Skuadron Jet Tempur F-35 dari AS, Apa Kabar UEA?
Pesawat tempur F-35 buatan perusahaan AS, Lockheed Martin. (Foto: Ist.)

YERUSALEM, iNews.idIsrael menyetujui pembelian jet tempur F-35 baru, pesawat terbang, dan amunisi dari beberapa perusahaan AS. Pembelian alutsista itu tertuang dalam kesepakatan yang bernilai miliaran dolar AS.

“Sebuah komite pengadaan kementerian telah menyetujui pembelian satu skuadron F-35 baru, empat pesawat pengisian bahan bakar baru, dan sejumlah besar amunisi,” kata salah satu pejabat Israel, tanpa menyebut nama, kepada Reuters, dikutip pada Rabu (17/2/2021).

Kesepakatan tersebut bakal menjadi penjualan peralatan militer Amerika Serikat yang pertama ke pihak asing Israel yang diumumkan di bawah pemerintahan baru Presiden Joe Biden. Karena penjualan biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diproses, awal mula kesepakatan itu kemungkinan sudah ada sejak era pemerintahan Donald Trump.

Israel sudah cukup lama mempertimbangkan pembelian pesawat pengisian bahan bakar KC-46 yang dibuat oleh Boeing Co. Negara Yahudi itu juga mengincar skuadron tambahan yang terdiri atas 24 atau 25 unit F-35, yang dibuat oleh Lockheed Martin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2