Izin Menyetir Akan Disahkan, 10 Wanita Saudi Pertama Resmi Dapat SIM

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 05 Juni 2018 - 09:21 WIB
Izin Menyetir Akan Disahkan, 10 Wanita Saudi Pertama Resmi Dapat SIM

Perempuan Saudi resmi menerima SIM pertama mereka. (Foto: AP)

RIYADH, iNews.id - Setelah puluhan tahun, Kerajaan Arab Saudi mulai mengeluarkan surat izin mengemudi (SIM) untuk perempuan. Hal ini diberlakukan setelah para perempuan diperbolehkan mengendarai mobil.

Sebanyak 10 perempuan Saudi menjadi yang deretan pertema yang resmi mendapat SIM.

"10 perempuan Saudi membuat sejarah pada hari ini ketika mereka menerima surat izin mengemudi. Harapannya, pekan depan 2.000 perempuan lain akan menerima SIM dari Kerajaan," kata Pusat Informasi untuk Komunikasi Internasional (CIC), seperti dilaporkan AFP, Selasa (5/6/2018).

Saudi Press Agency melaporkan, setelah menerima SIM, para perempuan akan menjalani tes lagi. Seorang pejabat di kementerian ekonomi dan perencanaan yang memiliki pengalaman mengemudi di Lebanon dan Swiss, Rema Jawdat, menjadi salah satu dari 10 perempuan yang mendapat SIM.

"Ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bahwa saya akan menyetir di Kerajaan," kata Jawdat.

"Mengemudi bagi saya mewakili pilihan gerakan independen. Sekarang kami memiliki opsi itu," ujar Jawdat.

Arab Saudi akan mencabut larangan menyetir bagi perempuan per 24 Juni. Pihak berwenang juga mulai menukar lisensi internasional untuk warga Saudi di beberapa lokasi.

Dalam persiapan pencabutan larangan tersebut, Saudi turut mengesahkan undang-undang untuk mengkriminalisasi pelecehan seksual, memperkenalkan hukuman penjara hingga lima tahun, dan hukuman maksimum 80.000 dolar AS pekan lalu.

Editor : Nathania Riris Michico