Jadi Agen Bayaran China, Mantan Pilot Militer AS Dihukum 20 Bulan Penjara

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 08 November 2022 - 10:20:00 WIB
Jadi Agen Bayaran China, Mantan Pilot Militer AS Dihukum 20 Bulan Penjara
Ilustrasi putusan pengadilan menjatuhkan vonis penjara kepada terdakwa di AS. (Foto: Ist.)

WASHINGTON DC, iNews.id – Pengadilan federal AS menjatuhkan hukuman 20 bulan penjara kepada mantan pilot helikopter militer Amerika karena bertindak sebagai agen bayaran China. Dia dituduh telah memberikan informasi sensitif terkait penerbangan. 

“Mantan pilot helikopter Angkatan Darat AS yang beralih menjadi kontraktor sipil, Shapour Moinian, 67 tahun, dari San Diego, dijatuhi hukuman di pengadilan federal hari ini dengan 20 bulan penjara,” ungkap Departemen Kehakiman dalam siaran pers, Senin (7/11/2022) waktu setempat. 

“(Terdakwa dihukum) karena bertindak sebagai agen pemerintah Republik Rakyat China dan menerima ribuan dolar AS dari perwakilan pemerintah China untuk memberikan informasi terkait penerbangan dari perusahaan kontraktor pertahanannya,” kata rilis itu lagi.

Menurut Departemen Kehakiman AS, setelah mengabdi di Angkatan Darat AS dari 1977 hingga 2000, Moinian mulai bekerja untuk berbagai kontraktor pertahanan yang telah disetujui di Amerika Serikat. Di antara pekerjaan yang dia tangani termasuk proyek untuk Pentagon (Departemen Pertahanan AS).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda