Jenderal Pengembang Rudal Korut Ini Dapat Promosi di Partai Komunis

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 07 September 2021 - 09:56:00 WIB
Jenderal Pengembang Rudal Korut Ini Dapat Promosi di Partai Komunis
Salah satu pemimpin militer Korea Utara, Jenderal Pak Jong Chon. (Foto: KCNA)

PYONGYANG, iNews.id Korea Utara (Korut) mengangkat Jenderal Pak Jong Chon ke dalam jajaran presidium politbiro Partai Komunis Korea (WPK) yang berkuasa di negara itu. Pria itu dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam pengembangan rudal Korut. 

Presidium WPK menjadi salah satu badan pembuat keputusan paling kuat di Korut. Kantor berita KCNA pada Selasa (7/9/2021) melaporkan, Pak Jong Chon juga akan menjabat sekretaris Komite Pusat WPK.

Dalam beberapa tahun terakhir, karier Pak Jong Chon terbilang moncer. Dia dipromosikan menjadi jenderal penuh bintang empat; diangkat memimpin militer sebagai kepala staf umum Angkatan Darat Korut, dan; kerap tampil menonjol bersama Pemimpin Korut, Kim Jong Un

Para analis mengaitkan kenaikan jabatannya dengan peran strategisnya dalam pengembangan rudal jarak pendek Korut. Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Pak Jong Chon tampaknya ditunjuk untuk menggantikan Jenderal Ri Pyong Chol, orang kuat lainnya yang memainkan peran utama dalam program rudal balistik Korea Utara, di presidium WPK. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: