Jepang: Rudal Balistik Antarbenua Korut Bisa Jangkau Daratan AS

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 November 2022 - 11:25:00 WIB
Jepang: Rudal Balistik Antarbenua Korut Bisa Jangkau Daratan AS
Rudal balistik antarbenua Korea Utara bisa menjangkau semua daratan AS (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM), Jumat (18/11/2022). Rudal tersebut diluncurkan dari dekat Ibu Kota Pyongyang. Penjaga Pantai Jepang menyatakan rudal kemungkinan mendarat di laut sekitar 210 kilometer dari Prefektur Hokkaido. 

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dari Bangkok, Thailand, mengatakan belum ada laporan kerusakan akibat rudal itu. Namun dia memperingatkan peluncuran rudal Korut yang berulang kali tidak bisa ditoleransi. Kishida juga mengatakan rudal itu tampaknya jatuh di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negaranya.

Sementara itu Menteri Pertahanan (Menhan) Jepang Yasukazu Hamada mengatakan rudal ICBM Korut mampu menjangkau jarak 15.000 km. Daratan Amerika Serikat (AS) masuk dalam jangkauannya. 

Keterangan lainnya disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno, proyektil terbang hingga ketinggian puncak 6.000 km serta menjangkau target sejauh 1.000 km pada lintasan kurva. Rudal tersebut mendarat sekitar 200 km sebelah barat Pulau Oshima-Oshima, Hokkaido.

ICBM Korut diketahui bisa membawa hulu ledak nuklir dan menjangkau seluruh daratan AS. Sementara secara umum ICBM merupakan rudal balistik dengan jangkauan minimal 5.500 km. Beberapa di antaranya didesain mampu menjangkau jarak 10.000 km atau lebih.

Sehari sebelumnya, Korut juga menembakkan rudal balistik jarak pendek (SRBM). Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Hui memperingatkan peluncuran itu sebagai respons yang lebih keras terhadap langkah AS karena meningkatkan kehadiran militernya di kawasan.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda