Jerman Akan Larang Sedotan Plastik Mulai Pertengahan 2021

Muhammad Fida Ul Haq ยท Jumat, 18 September 2020 - 01:39:00 WIB
Jerman Akan Larang Sedotan Plastik Mulai Pertengahan 2021
Ilustrasi Plastik di Laut (Foto: AFP)

MUNCHEN, iNews.id - Pemerintah Jerman sedang merampungkan aturan yang melarang penggunaan sedotan sekali pakai atau sedotan plastik mulai pertengahan 2021. Selain itu, sendok plastik dan cotton buds juga akan dilarang.

Aturan ini sejalan dengan komitmen Uni Eropa yang mendorong larangan penggunaan plastik sekali pakai. Menurut Uni Eropa, sampah plastik mendominasi 70 persen pencemaran di lautan.

Meski demikian, aktivis Greenpeace Jerman mengkritik aturan yang tidak mengatur larangan penggunaan plastik secara lebih luas. Larangan plastik diminta diberlakukan secara lebih ketat.

"Cara keluar dari krisis plastik dapat terjadi melalui perubahan penggunaan sekali pakai dengan produk yang bisa dipakai berulang kali," kata aktivis Greeanpeace Viola Wohlgemuth seperti dikutip dari AFP, Jumat (18/9/2020).

Aturan larangan plastik yang diajukan Uni Eropa sudah membuat beberapa restoran siap saji berbenah. Jika mengikuti aturan Uni Eropa, restoran cepat saji bisa menghemat penggunaan 1.200 ton plastik.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq