Jet Tempur F-35 AS Kecelakaan saat Mendarat di Kapal Induk, 7 Tentara Luka

Anton Suhartono ยท Selasa, 25 Januari 2022 - 05:56:00 WIB
Jet Tempur F-35 AS Kecelakaan saat Mendarat di Kapal Induk, 7 Tentara Luka
Jet tempur F-35C AL Amerika Serikat kecelakaan saat mendarat di kapal induk USS Carl Vinson (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Jet tempur siluman F-35C Amerika Serikat mengalami kecelakaan saat mendarat di kapal induk USS Carl Vinson, Senin (24/1/2022). Akibatnya tujuh tentara luka dan pilot menyelamatkan diri melalui kursi pelontar.

Angkatan Laut AS dalam pernyataan mengungkap, jet tempur F-35C mengalami kecelakaan pendaratan di dek. Saat itu USS Carl Vinson sedang berlayar di Laut China Selatan untuk operasi penerbangan rutin.

"Pilot selamat keluar dari pesawat dan ditemukan oleh helikopter militer AS. Pilot dalam kondisi stabil. Total tujuh personel terluka," bunyi pernyataan AL AS, dikutip dari Reuters, Selasa (25/1/2022).

Sebanyak tiga personel yang terluka membutuhkan perawatan ke fasilitas medis di Manila, Filipina, sementara empat lainnya dirawat di klinik kapal induk dan sudah diperbilehkan keluar. Namun secara umum semua korban dalam kondisi stabil.

Penyebab kecelakaan pesawat buatan Lockheed Martin itu masih dalam penyelidikan.

Sebelumnya Departemen Pertahanan AS menyatakan, dua Kelompok Serangan Kapal Induk Angkatan AL, dipimpin USS Carl Vinson dan USS Abraham Lincoln mulai beroperasi di Laut China Selatan sejak Minggu (23/1/2022). Kapal induk memasuki perairan objek sengketa antara China dengan negara-negara di kawasan tersebut untuk menggelar latihan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda