Jet Tempur Israel Bombardir Suriah Tewaskan Satu Keluarga

Anton Suhartono ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 16:05:00 WIB
Jet Tempur Israel Bombardir Suriah Tewaskan Satu Keluarga
Serangan jet tempur Israel di Suriah (Foto: AFP)

DAMASKUS, iNews.id - Serangan udara Israel ke Suriah, Jumat (22/1/2021), menewaskan empat orang dalam satu keluarga. Jet tempur Israel membombardir wilayah Hama dalam serangan terbaru.

Israel melakukan ratusan kali serangan udara ke Suriah dalam beberapa tahun terakhir dengan dalih memutus bantuan militer Iran ke afiliasinya yakni kelompok Hizbullah Lebanon. Iran dan kelompok Hizbullah Lebanon juga merupakan sekutu dekat Presiden Suriah Bashar Al Assad.

"Sekitar pukul 04.00, Israel melancarkan agresi udara dengan rentetan rudal dari arah Kota Tripoli, Lebanon, menuju beberapa sasaran di sekitar kegubernuran Hama," demikian laporan kantor berita pemerintah Suriah, mengutip informasi dari sumber militer, seperti dilaporkan kembali Reuters.

"Pertahanan udara kami menghadapi rudal musuh dan menjatuhkan sebagian besarnya," kata sumber itu, tanpa menyebutkan jumlahnya.

Sementara itu korban tewas diketahui satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak mereka. Empat warga sipil lainnya juga terluka.

Serangan rudal yang ditembakkan dari jet tempur itu juga menghancurkan tiga rumah.

Dalam pernyataan sebelumnya, Israel menyebut serangan ke Suriah merupakan upaya untuk melindungi wilayah perbatasan utara dari serangan kelompok afiliasi Iran.

Editor : Anton Suhartono