Joe Biden Akhirnya Setuju Jual 40 Unit Jet Tempur F-16 ke Turki, tapi...

Anton Suhartono ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 21:18:00 WIB
Joe Biden Akhirnya Setuju Jual 40 Unit Jet Tempur F-16 ke Turki, tapi...
Joe Biden menyetujui penjualan 40 jet tempur F-16 ke Turki (Foto: Reuters)

MADRID, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akhirnya menyetujui penjualan jet tempur F-16 ke Turki. Namun langkah ini masih harus melalui persetujuan Kongres.

Dalam konferensi pers di Madrid, Spanyol, di hari terakhir KTT NATO, Kamis (30/6/2022), Biden membantah bahwa persetujuannya itu sebagai imbal balik atas keputusan Turki mencabut blokir atas keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO.

“Apa yang saya sampaikan adalah, saya katakan pada Desember, seperti yang Anda ingat, kita harus menjual jet F-16 dan memodernisasi jet itu juga. Bukan kepentingan kami untuk tidak melakukan itu,” kata Biden, dikutip dari Reuters. 

"Kita harus menjual, tapi saya perlu persetujuan Kongres untuk bisa melakukan itu. Saya kira bisa mendapatkannya," ujarnya, lagi.

Turki pada Oktober 2021 mengajukan permintaan kepada AS untuk membeli 40 unit pesawat tempur F-16 buatan Lockheed Martin serta hampir 80 kit modernisasi untuk pesawat yang sudah ada.

Namun tampaknya rencana ini akan mendapat ganjalan dari Kongres AS. Sentimen terhadap Turki di Kongres AS memburuk selama beberapa tahun terakhir. Kondisi itu dipicu keputusan Turki membeli sistem rudal pertahanan S-400 dari Rusia. Akibat itu pula, Turki dikeluarkan dari program pengadaan F-35 serta dijatuhi sanksi AS.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda