Joe Biden Dikabarkan Susun Rencana Perbaikan Hubungan AS-Palestina

Djairan ยท Kamis, 18 Maret 2021 - 11:48:00 WIB
Joe Biden Dikabarkan Susun Rencana Perbaikan Hubungan AS-Palestina
Presiden AS Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id – Pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Joe Biden dilaporkan sedang menyusun rencana untuk mengatur ulang hubungan negara itu dengan Palestina. Relasi kedua negara hampir runtuh di masa kepemimpinan mantan Presiden Donald Trump.

Dua pejabat Gedung Putih mengatakan, rencana itu masih dalam tahap kerja awal, namun akan menjadi dasar untuk merombak semua pendekatan yang sebelumnya digunakan Trump untuk Palestina, yang sempat dikecam karena dinilai lebih memihak Israel.

Sejak Biden menjabat pada 20 Januari lalu, para pejabat pembantunya mengatakan Gedung Putih berniat memperbaiki hubungan dengan Palestina. Pemerintah AS pun berjanji untuk melanjutkan bantuan ekonomi dan kemanusiaan ratusan juta dolar, dan bekerja sama dengan membuka kembali misi diplomatik Palestina di Washington DC.

"Visi AS adalah untuk memajukan kebebasan, keamanan, dan kemakmuran bagi Israel dan Palestina dalam waktu dekat,” ujar pernyataan memo khusus Departemen Luar Negeri AS yang dilaporkan oleh surat kabar The National, seperti dikutip Reuters, Kamis (18/3/2021).

Pemerintahan biden juga dikabarkan ingin menetapkan kembali tujuan dari solusi dua negara terkait konflik Israel-Palestina, sebagai prioritas kebijakan AS. Hal itu bertepatan dengan Israel yang akan melangsungkan pemilu pada 23 Maret, diikuti oleh Palestina dalam beberapa bulan mendatang.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2