Kapal Perang AS Siaga di Perairan Taiwan Jelang Pelantikan Presiden Tsai Ing Wen

Anton Suhartono ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 13:25:00 WIB
Kapal Perang AS Siaga di Perairan Taiwan Jelang Pelantikan Presiden Tsai Ing Wen
USS McCampbell (Foto: AFP)

TAIPEI, iNews.id - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyiagakan kapal perang di Selat Taiwan sepekan menjelang pelantikan Presiden Tsai Ing Wen.

Pengerahan militer ini berlangsung di tengah ketegangan AS-Taiwan dengan China.

Dalam pernyataan di akun Facebook, Armada Pasifik AS menyiagakan kapal perang USS McCampbell sejak Rabu (13/5/2020) di perairan yang memisahkan daratan Taiwan dan China.

Sementara itu Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan, kapal yang dilengkapi rudal tersebut berlayar ke wilayah selatan untuk menjalani misi reguler dan akan terus berada di wilayah itu.

Hubungan China dengan AS memburuk setelah pemerintahan Presiden Donald Trump memberikan dukungan kepada Taiwan, termasuk menyetujui penjualan senjata.

Kondisi ini diperparah dengan wabah virus corona di mana Taiwan disisihkan dari peran mereka di PBB. AS mendesak agar PBB mengikutsertakan Taiwan karena dianggap berhasil mengendalikan wabah, namun ditolak. China ikut berperan menolak keikutsertaan Taiwan karena menganggap wilayah masih bagian provinsinya.

AS dan China meningkatkan aktivitas militer di peraiwan dekat Taiwan dalam beberapa bulan terakhir, termasuk latihan angkatan udara China dan kehadiran kapal-kapal perang AS.

Editor : Anton Suhartono