Kebakaran Hutan Landa California, 9 Orang Tewas dan 150 Ribu Mengungsi

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 10 November 2018 - 11:48 WIB
Kebakaran Hutan Landa California, 9 Orang Tewas dan 150 Ribu Mengungsi

kebakaran hutan yang melada California. (Foto: AFP/Josh Edelson)

CALIFORNIA, iNews.id - Kebakaran hutan hebat melanda Negara Bagian California, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 150 ribu orang mengungsi akibat kebakaran yang terus meluas tersebut.

Seperti dilaporkan AFP, Sabtu (10/11/2018), beberapa korban dinyatakan tewas dalam kendaraan mereka setelah berupaya menyelamatkan diri dari kebakaran yang menghanguskan Kota Paradise, California. Seluruh populasi Paradise yang mencapai 26 ribu jiwa telah diperintahkan untuk mengungsi ke tempat aman.

Kebakaran juga diperkirakan mengancam kawasan resort ternama, Malibu.

"Penyelidikan awal mengungkapkan para korban berada di dalam kendaraan yang dilalap oleh Camp Fire," demikian pernyataan Departemen Sheriff Butte County, merujuk pada sebutan untuk kumpulan titik api yang membakar wilayah California.

Empat korban tewas di antaranya ditemukan di kawasan California Utara yang dilalap api pada Jumat (9/11/2018) waktu setempat. Sedangkan puluhan orang lainnya dilaporkan hilang akibat kebakaran.

Warga setempat yang berhasil menyelamatkan diri dari kebakaran di Paradise memposting video-video ke media sosial, yang menunjukkan momen saat mereka menerjang kepulan asap pekat dan kobaran api demi mengungsi ke lokasi aman.

Kebakaran hutan yang disebut Camp Fire ini bergerak cepat dan semakin meluas akibat angin kencang. Sejauh ini, Departemen Pemadam Kebakaran California (Cal Fire) menyatakan kebakaran melalap area seluas 28.300 hektare yang sama sekali belum diatasi.

Otoritas setempat menyebut kebakaran ini menghancurkan ratusan rumah, sebuah rumah sakit, sebuah pom bensin, beberapa restoran dan banyak kendaraan di wilayah Paradise.
Seorang fotografer AFP melaporkan, beberapa rumah hangus hingga tinggal abu setelah dilalap api.

Gubernur California yang baru terpilih dalam pemilu paruh waktu 6 November, Gavin Newsom, menyatakan situasi darurat untuk negara bagiannya agar bantuan federal bisa segera dikucurkan ke area-area terdampak kebakaran.

Juru bicara Cal Fire menuturkan, sekitar 2 ribu gedung di Paradise dilalap api. Lebih dari 2.200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api, dengan dibantu sejumlah helikopter dan pesawat pemadam.

"Ini api yang meluas dengan sangat pesat. Dan api ini bergerak sangat, sangat cepat dari area terpencil ke area ramai penduduk," kata polisi Butte County, Kory Honea.

Sekitar 105 ribu orang dievakuasi di California Selatan, salah satunya di Ventura County yang baru saja dilanda penembakan mematikan pada Rabu (7/11) malam yang menewaskan 12 orang.

Laporan warga setempat menyebut, api dikhawatirkan bergerak ke area pantai setempat, termasuk kawasan Malibu. Diketahui bahwa kawasan mewah dan privat itu merupakan lokasi paling dicari di California, oleh para bintang Hollywood.

Bintang reality show Kim Kardashian West yang tinggal di Calabasas, Malibu, menyebut dirinya ikut dievakuasi dari rumahnya.

"Baru tiba di rumah dan hanya punya 1 jam untuk berkemas dan mengungsi dari rumah kami. Saya harap semua orang selamat," ucapnya, lewat akun Instagram.


Editor : Nathania Riris Michico