Kelompok Ilmuwan Serukan Penyelidikan Baru Asal-Usul Covid-19, jika Perlu Tanpa China

Djairan ยท Kamis, 08 April 2021 - 06:14:00 WIB
Kelompok Ilmuwan Serukan Penyelidikan Baru Asal-Usul Covid-19, jika Perlu Tanpa China
Ilustrasi, pandemi virus corona (Covid-19). (Foto: Getty Images).

WASHINGTON, iNews.id - Sekelompok ilmuwan dan peneliti internasional menyerukan dibukanya penyelidikan baru terhadap asal-usul virus corona (Covid-19) dengan atau bahkan tanpa keterlibatan China. Kelompok tersebut mengatakan, studi gabungan antara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan China tentang asal-usul Covid-19 sebelumnya sudah tercemar oleh politik.

Kelompok yang terdiri dari 24 ilmuwan dan peneliti dari Eropa, Amerika Serikat (AS), Australia dan Jepang ini menyampaikan dalam surat terbuka. Disebutkan, hasil penelitian bersama WHO dan China tidak memberikan jawaban kredibel tentang bagaimana pandemi global dimulai.

Hasil penelitian WHO dan China menyebutkan rute penularan yang paling mungkin untuk SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19 melibatkan kelelawar dan satwa liar lainnya di China dan Asia Tenggara. Studi itu juga menyangkal kemungkinan virus itu bocor dari laboratorium di Wuhan.

"Untuk itu, mari kita berkompromi sebanyak yang diperlukan, namun dengan kerja sama minimal dari China," kata Jamie Metzl, peneliti senior di wadah pemikir Dewan Atlantik dan penasihat WHO yang merancang surat terbuka tersebut, dikutip Reuters, Kamis (8/4/2021).

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2