Keracunan Massal Gara-Gara Promo Makanan, 1 Anak Tewas dan 700 Lainnya Dirawat di RS

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 20:50 WIB
Keracunan Massal Gara-Gara Promo Makanan, 1 Anak Tewas dan 700 Lainnya Dirawat di RS

Ilustrasi perawatan pasien keracunan. (Foto: SINDOnews)

AMMAN, iNews.id – Seorang anak berusia lima tahun tewas dan 700 orang lainnya dirawat di rumah sakit di Yordania karena keracunan makanan massal. Mereka keracunan setelah makan shawarma di sebuah restoran di Kota Ain al-Basha, di utara Ibu Kota Amman.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Yordania pada Rabu (29/7/2020) ini mengumumkan, hasil investigasi mengungkapkan, daging sapi dan ayam untuk shawarma itu disiapkan tanpa menggunakan unit pendingin, di samping lingkungan dapur yang tidak sehat.

Selain itu, restoran tersebut juga tidak mematuhi persyaratan kesehatan dan tingkat keselamatan umum minimum. Hasil uji laboratorium juga menemukan bakteri dalam daging dan produk unggas di restoran tersebut, ungkap kantor berita resmi Jordan mengutip mengutip siaran pers Kemenkes.

Restoran itu segera ditutup setelah penyelidikan. Pemilik restoran itu pun kini telah ditahan polisi, AFP melaporkan mengutip media setempat.

Pada saat kejadian, restoran itu dilaporkan tengah mengadakan promo. Satu shawarma dijual seharga satu dinar Yordania (Rp20.000) dari harga sebenarnya 1,85 dinar (Rp38.000), menurut AFP.

Menteri kesehatan Yordania menuturkan bahwa sebagian besar pasien dalam kondisi stabil dan beberapa di antaranya menderita penyakit tingkat sedang.

Setelah kejadian keracunan massal tersebut, Kemenkes Yordania meminta masyarakat untuk menghindari makan makanan yang telah terkontaminasi dan menjauh dari berbagai bentuk pertemuan sosial. Kementerian itu juga mendesak masyarakat menghindari keluar rumah selama jam-jam sore yang panas.

Editor : Ahmad Islamy Jamil