Kim Jong Un Awasi Uji Coba Rudal Jarak Pendek dan Peluncur Roket Korut

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 05 Mei 2019 - 11:00 WIB
Kim Jong Un Awasi Uji Coba Rudal Jarak Pendek dan Peluncur Roket Korut

Militer Korea Utara melakukan "latihan serangan" dengan menguji coba beberapa peluncur dan senjata taktis ke Laut Timur selama latihan militer di Korea Utara, 4 Mei 2019. (FOTO: KCNA via REUTERS)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) menguji beberapa peluncur roket jarak jauh dan senjata berpemandu taktis dalam pelatihan serangan yang diawasi oleh pemimpin Kim Jong Un.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan, uji coba itu dilakukan Sabtu (4/5) ketika Korut juga menembakkan rudal jarak pendek ke laut dalam apa yang bisa disebut peluncuran rudal jarak pendek pertama selama lebih dari setahun.

Korut kembali menguji coba rudal sebagai usaha meningkatkan tekanan terhadap Amerika Serikat (AS) setelah pembicaraan nuklir kedua negara menemui jalan buntu.

BACA JUGA: Korut Dilaporkan Tembakkan Rudal Jarak Pendek ke Laut Jepang

"Tujuan dari uji coba ini adalah untuk memperkirakan dan memeriksa kemampuan operasi dan keakuratan kinerja tugas dari peluncur roket jarak jauh berkaliber besar dan senjata pemandu taktis oleh unit-unit pertahanan di daerah garis depan dan di depan timur," demikian pemberitaan KCNA, seperti dikutip AFP, Minggu (5/5/2019).

Disebutkan, uji coba peluncur itu dilakukan di Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang. Lokasi itu juga menjadi lokasi uji coba rudal jarak pendek.


Editor : Nathania Riris Michico