Koalisi Arab Hancurkan 2 Kapal Berpeledak Milik Houthi

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 28 Maret 2021 - 12:31:00 WIB
Koalisi Arab Hancurkan 2 Kapal Berpeledak Milik Houthi
Sistem pertahanan Koalisi Arab mencegat drone bersenjata yang diluncurkan kelompok Houthi menuju Arab Saudi bagian selatan, Minggu (28/3/2021). (Foto: Ist.)

DUBAI, iNews.id – Koalisi militer negara-negara Arab pimpinan Saudi menghancurkan dua kapal bermuatan bahan peledak, Minggu (28/3/2021) dini hari. Kapal berbahaya itu sedianya bakal digunakan kelompok pemberontak Houthi untuk menyerang Arab Saudi dari Pelabuhan Hodeidah di Laut Merah, Yaman, dalam waktu dekat.

Koalisi Arab juga menyatakan, tentara mereka juga mencegat dan menghancurkan dua pesawat tak berawak alias drone yang dipersenjatai. Kedua drone itu diluncurkan menuju Arab Saudi bagian selatan, menurut media pemerintah setempat.

Houthi menggulingkan pemerintahan Yaman yang diakui secara internasional dari Ibu Kota Sanaa. Kini, kelompok itu menguasai sebagian besar Yaman Utara, dan terus melakukan serangan rudal dan drone terhadap Arab Saudi. Padahal, Riyadh pada pekan lalu telah mengusulkan inisiatif perdamaian baru untuk pihak-pihak yang bertikai.

Utusan Khusus Amerika Serikat, Tim Lenderking, pada Kamis (25/3/2021) lalu kembali ke Timur Tengah untuk mendorong inisiatif perdamaian yang ditawarkan Saudi tersebut. Inisiatif itu antara lain mencakup gencatan senjata nasional.

Namun, Houthi menginginkan agar Koalisi Arab mencabut sepenuhnya blokade laut dan udara di wilayah yang dikendalikan oleh kelompok pemberontak itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2