Konflik Makin Sengit, Rusia: Ukraina Kerahkan 125.000 Tentara ke Perbatasan

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 19:27:00 WIB
Konflik Makin Sengit, Rusia: Ukraina Kerahkan 125.000 Tentara ke Perbatasan
Tentara Ukraina berkumpul saat mengikuti Rapid Trident 2021, yaitu latihan gabungan dengan militer sejumlah negara, pada 28 September lalu. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idRusia menuduh Ukraina mengerahkan 125.000 tentara ke dekat perbatasan kedua negara untuk menghadapi kelompok separatis pro-Rusia di Ukraina Timur. Jumlah tersebut mencapai setengah dari total kekuatan militer yang dimiliki Ukraina.

Moskow pun menyatakan telah meluncurkan latihan militer rutin musim dingin di wilayah selatan Rusia yang berbatasan dengan Ukraina. Pengumuman itu muncul di saat ketegangan antara kedua negara meningkat.
 
“Tentara Ukraina sedang membangun kekuatan militernya, membawa perangkat keras dan personel,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, Rabu (1/12/2021), seperti dikutip Reuters.

Menurut beberapa laporan, kata dia, jumlah pasukan yang dikerahkan Kiev di zona konflik itu telah mencapai 125.000 personel. “(Jumlah) itu merupakan setengah dari seluruh tentara Ukraina,” ujarnya.

Militer Ukraina menolak mengomentari pernyataan Zakharova.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya khawatir dengan langkah Ukraina memperkuat pasukannya di wilayah Donbass. Karenanya, dia akan membahas situasi tersebut dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, pada pertemuan di Stockholm, Swedia, Kamis (2/12/2021) besok.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: