Korban Tewas Kecelakaan Pesawat Pakistan Jadi 97 Jiwa, 2 Orang Selamat

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:34 WIB
Korban Tewas Kecelakaan Pesawat Pakistan Jadi 97 Jiwa, 2 Orang Selamat

Kecelakaan pesawat di Karachi, Pakistan, Jumat (22/5/2020). (Foto: AFP)

KARACHI, iNews.id – Korban tewas dalam kecelakaan pesawat di Kota Karachi, Pakistan, menjadi sebanyak 97 jiwa. Sementara, dua lainnya dinyatakan selamat ketika pesawat Pakistan International Airlines (PIA) itu menabrak rumah-rumah warga di kota tersebut, Jumat (22/5/2020) sore.

Dalam insiden kemarin, pesawat penumpang itu tengah melakukan berbagai upaya pendekatan untuk mendarat di Bandara Internasional Jinnah Karachi ketika akhirnya jatuh di area perumahan. Operasi penyelamatan oleh petugas terkait berlangsung hingga malam waktu setempat.

Semua penumpang dan awak telah ditangani dan mayat korban yang tewas telah ditemukan di lokasi kecelakaan. “Sebanyak 19 di antara korban itu telah diidentifikasi,” demikian pernyataan Departemen Kesehatan Provinsi Sindh, Pakistan, dikutip AFP, Sabtu (23/5/2020).

Sementara, untuk 78 jasad lagi akan diidentifikasi melalui tes DNA yang diselenggarakan oleh Universitas Karachi. Seorang wartawan AFP menyaksikan mayat-mayat yang hangus terbakar dimasukkan ke dalam ambulans satu per satu.

Manajemen PIA dalam keterangan resminya menyatakan, pesawat kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara setelah pukul 14.30 waktu setempat, Jumat kemarin. Pesawat itu tengah dalam perjalanan dari Lahore menuju Karachi.

Bencana pesawat jatuh itu terjadi ketika masyarakat Pakistan tengah bersiap merayakan akhir Bulan Suci Ramadhan dan awal Idul Fitri. Seperti tradisi di Indonesia, banyak warga yang mudik alias pulang ke kampung halaman mereka dari kota-kota.

Editor : Ahmad Islamy Jamil