Korea Selatan Yakin Kim Jong Un Tidak Jalani Operasi Jantung saat Menghilang

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 03 Mei 2020 - 18:39 WIB
Korea Selatan Yakin Kim Jong Un Tidak Jalani Operasi Jantung saat Menghilang

Kim Jong Un saat meresmikan pabrik pupuk di Korea Utara yang diyakini berlangsung pada Jumat (1/5/2020). (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, diyakini tidak pernah menjalani operasi sejak menghilang pada 11 April lalu hingga muncul kembali di depan publik Jumat (1/5/2020) kemarin. Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior Korea Selatan Minggu (3/5/2020) ini.

Sebelumnya, menghilangnya Kim Jong Un selama hampir tiga pekan telah memicu berbagai spekulasi tentang kesehatan tokoh komunis itu. “Ketua Kim diyakini tidak menjalani operasi,” kata seorang pejabat senior yang tidak disebutkan namanya di Kantor kepresidenan Korea Selatan, menurut Kantor Berita Yonhap.

“Ada laporan media yang berspekulasi tentang operasi Kim, mengutip perubahan cara dia berjalan,” ucap pejabat itu lagi. Dia mengatakan, pejabat di Seoul punya cukup alasan untuk menarik kesimpulan bahwa Kim tidak menjalani operasi.

Rumor tentang kesehatan Kim Jong Un menjadi simpang siur sejak ketidakhadirannya yang mencolok pada perayaan ulang tahun kakeknya yang juga pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, 15 April lalu. Padahal, peringatan hari lahir Kim Il Sung adalah hari paling penting dalam kalender politik negara komunis itu.

Ketidakmunculan Kim Jong Un sejak itu memicu serangkaian rumor panas dan laporan yang belum dikonfirmasi mengenai kondisinya. Media online yang sebagian besar dikelola oleh para pembelot Korut yang kini tinggal di Korea Selatan (Korsel), Daily NK, melaporkan bahwa Kim menjalani operasi jantung. Kim menjalani operasi jantung pada awal April dan menjalani pemulihan di sebuah vila Provinsi Phyongan Utara.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump tidak percaya dengan rumor memburuknya kesehatan Kim Jong Un. Politikus Partai Republik itu malah menuduh media yang kini menjadi musuh bebuyutannya, CNN, sengaja mengarang cerita itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil