Kosmonot Rusia Rayakan Penaklukan Luhansk di Luar Angkasa: Hari yang Ditunggu-tunggu!

Anton Suhartono ยท Senin, 04 Juli 2022 - 16:31:00 WIB
Kosmonot Rusia Rayakan Penaklukan Luhansk di Luar Angkasa:  Hari yang Ditunggu-tunggu!
Kosmonot Rusia di ISS merayakan penaklukan Luhansk dari Ukraina (Foto: Roscosmos via Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Kosmonot Rusia yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) merayakan penaklukan Provinsi Luhansk dari Ukraina, Senin (4/7/2022). Pasukan Rusia dan kelompok separatis Republik Rakyat Luhansk (LPR) merebut Lysychansk, kota terakhir yang tersisa di Luhansk.

Badan antariksa Rusia Roscosmos menyebut perebutan Luhansk oleh Rusia sebagai hari kemerdekaan yang layak dirayakan, tak hanya di Bumi tapi juga luar angkasa. Roscosmos mengunggah foto kosmonot Oleg Artemyev, Denis Matveev, dan Sergei Korsakov tersenyum saat menunjukkan bendera LPR.

"Ini adalah hari yang sudah lama ditunggu-tunggu penduduk di wilayah Luhansk selama 8 tahun. Kami yakin 3 Juli 2022 akan selamanya berada dalam sejarah Republik (Rakyat Luhansk)," bunyi pernyataan Roscosmos, di Telegram, seperti dilaporkan kembali Reuters.

Sementara itu Ukraina bersumpah akan merebut kembali Luhansk begitu menerima persenjataan dari Barat. Pemerintah Ukraina menarik semua pasukannya dari Lysychansk demi menyelamatkan nyawa mereka serta menghindari penangkapan.

Menurut Kiev pasukannya akan berkumpul kembali untuk melancarkan serangan balasan begitu persenjataan canggih dari negara-negara Barat tiba.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda