KTT ASEAN, Joe Biden Akan Umumkan Bantuan Dana Rp1,4 Triliun

Anton Suhartono ยท Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:27:00 WIB
KTT ASEAN, Joe Biden Akan Umumkan Bantuan Dana Rp1,4 Triliun
Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mengumumkan rencana perluasan kemitraan strategis dengan ASEAN dengan menyediakan bantuan dana 102 juta dolar AS atau sekitar Rp1,4 triliun. Gedung Putih menyatakan, pengumuman itu akan disampaikan Biden dalam KTT ASEAN-AS, Selasa (26/10/2021).

Lembar fakta yang dikeluarkan Gedung Putih menyebutkan, pendanaan itu akan digunakan untuk program kesehatan, iklim, ekonomi, dan pendidikan.

Dari total dana, sebesar 40 juta dolar AS di antaranya akan digunakan untuk mengatasi pandemi Covid-19 saat ini serta memperkuat kemampuan ASEAN dalam mencegah, mendeteksi, dan menanggapi wabah penyakit menular di masa depan.

Selanjutnya 20,5 juta dolar akan digunakan untuk membantu mengatasi krisis iklim serta 20 juta dolar untuk mendukung kerja sama perdagangan dan inovasi. 

Selain itu 17,5 juta dolar lainnya dialokasikan untuk proyek pendidikan dan 4 juta dolar untuk mempromosikan kesetaraan dan keadilan gender.

Keikutsertaan Biden dalam KTT secara virtual ini menandai pertama kalinya kehadiran seorang presiden AS sejak 4 tahun silam atau di masa pemerintahan Donald Trump.

Pada Rabu mendatang, Biden juga akan ambil bagian dalam KTT Asia Timur yang mencakup negara-negara di ASEAN dan kawasan Indo-Pasifik.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: