Kuba Bakal Jadi Negara Selanjutnya yang Mendukung Pernikahan Sejenis

Anton Suhartono ยท Selasa, 18 September 2018 - 05:17:00 WIB
Kuba Bakal Jadi Negara Selanjutnya yang Mendukung Pernikahan Sejenis
Miguel Diaz Canel (Foto: AFP)

HAVANA, iNews.id - Kuba kemungkinan bakal menjadi negara selanjutnya yang mendukung pernikahan sesama jenis. Presiden Miguel Diaz Canel sudah memberi lampu hijau hubungan sesama jenis di negaranya.

Pria yang mengambil alih tampuk kekuasaan dari keluarga Castro pada 19 April lalu itu menegaskan dukungan tanpa batas.

"Bagian dari penghapusan segala macam diskriminasi di masyarakat. Kami telah melalui evolusi pemikiran besar-besaran dan banyak hal tabu yang merusak," kata Diaz Canel, dalam wawancara dengan stasiun televisi Telesur, sebagaimana dilaporkan kembali BBC, Senin (17/9/2018).

Pernyataan ini disampaikan saat parlemen Kuba sedang memperbarui undang-undang (UU) yang di dalamnya mengatur pernikahan antara laki-laki dan perempuan. Rancangan undang-undang itu akan menggantikan piagam nasional 1976 begitu disetujui dalam referendum nasional yang dijadwalkan berlangsung pada Februari 2019.

Dukungan Presiden Díaz Canel terhadap pernikahan sesama jenis ini sangat kontras dengan penganiayaan yang dialami kaum homoseksual selama beberapa dekade lalu atau setelah revolusi tahun 1959.

Namun sejak 10 tahun terakhir, sikap Kuba berubah drastis. Perubahan sikap pemerintah terhadap kaum homoseksualitas ini merupakan andil dari putri Raul Castro, Mariela. Bahkan, Raul yang memimpin Pusat Pendidikan Seks Nasional Kuba, menjadi pembela hak lesbian gay bisexual transgender (LGBT) yang vokal.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda