Kue Sepanjang 6,5 Km di India Pecahkan Rekor Dunia

Anton Suhartono ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 10:36 WIB
Kue Sepanjang 6,5 Km di India Pecahkan Rekor Dunia

Kue sepanjang 6,5 km di India memecahkan rekor dunia (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Ribuan pembuat roti dan chef di India berhasil memecahkan rekor dengan membuat kue terpanjang di dunia, Rabu (15/1/2020). Tidak tanggung-tanggung, panjang kue tersebut mencapai 6,5 kilometer.

Mereka menebar cokelat pada hidangan penutup itu yang diletakkan di ribuan meja. Pemecahan rekor ini diselenggarakan bersamaan dengan festival di kota pantai Thrissur, Negara Bagian Kerala.

Kue vanilla yang memiliki lebar dan tebal masing-masing 10 sentimeter itu berbobot 27.000 kilogram.

Sekitar 1.500 pembuat roti dan chef menghabiskan hampir 4 jam untuk menggabungkan kue-kue yang pada awalnya dibuat secara terpisah menggunakan 12.000 kilogram gula dan tepung.

Naushad, sekretaris jenderal Bakers Association Kerala (BAKE), penyelenggara pembuatan kue, mengatakan Guinness World Records sudah menilai kue itu dan hasilnya memiliki panjang 6.500 meter. Namun pihaknya masih menunggu hasil final.

"Ini merupakan upaya untuk menunjukkan keahlian kami kepada dunia. Kami memastikan kebersihan dan rasanya sesuai dengan standar," kata Naushad, dikutip dari AFP, Kamis (16/1/2020).

Kue ini memecahkan rekor Guinness yang sebelumnya dipegang oleh pengusaha roti di Zixi, China, yang membuat kue buah sepanjang 3,2 kilometer pada 2018.

Editor : Anton Suhartono