Lagi, Jet-Jet Tempur AS Cegat Pesawat Pengintai Rusia di Dekat Alaska

Anton Suhartono ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 06:16 WIB
Lagi, Jet-Jet Tempur AS Cegat Pesawat Pengintai Rusia di Dekat Alaska

Pesawat pengintai Tu-142 Rusia yang dicegat jet tempur AS (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Jet tempur Amerika Serikat mencegat pesawat militer Rusia yang mendekati wilayah udara Alaska, Sabtu (27/6/2020).

Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD), dikutip dari AFP, Minggu (28/6/2020), menyatakan, empat pesawat pengintai Rusia Tu-142 berada pada jarak 65 mil mendekti Pulau Aleution yang masuk dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ).

Disebutkan, pesawat-pesawat pengintai Rusia itu terbang sekitar 8 jam di dekat perbatasan udara.

NORAD menegaskan, pesawat militer Rusia tetap terbang di wilayah udara internasional, tidak memasuki wilayah AS atau Kanada.

ADIZ merupakan perimeter wilayah udara di mana lalu lintas penerbangan dipantau oleh militer negara-negara Amerika Utara. Dengan adanya ADIZ, negara Amerika Utara punya waktu ekstra untuk bertindak jika ada penyusupan. Apalagi wilayah itu dekat dengan Rusia.

Insiden terbaru Ini merupakan yang keempat kali sepanjang Juni, pesawat militer AS mencegat armada udara Rusia di dekat Alaska.

Bukan hanya AS, Rusia pun juga melakukan hal serupa terhadap militer AS. Pada 29 Mei, Kementerian Pertahanan Rusia merilis foto-foto dua pesawat pengebom AS B-1 yang dicegat setelah terbang di atas Laut Baltik dan Laut Hitam.

Editor : Anton Suhartono