Ledakan Dahsyat di Beirut, 27 Orang Tewas Ribuan Terluka

Kurnia Illahi ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 04:10:00 WIB
Ledakan Dahsyat di Beirut, 27 Orang Tewas Ribuan Terluka
Ledakan dahsyat mengguncang Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020) sore waktu setempat. (Foto: AFP).

BEIRUT, iNews.id - Ledakan dahsyat mengguncang Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020) sore waktu setempat. Menteri Kesehatan Lebanon, Hamad Hassan memperkirakan korban awal 27 orang tewas dan 2.500 lainnya terluka.

Ledakan sebanyak 2 kali itu juga menyebabkan kerusakan berat terhadap bangunan dan sejumlah toko. Ledakan kedua yang memekakkan telinga menimbulkan bola api besar meratakan sisi pelabuhan dan mengirim gelombang kejut seperti tornado yang merusak bangunan sekitar hingga beberapa kilometer.

"Ini adalah bencana. Ada mayat berjatuhan," ujar seorang tentara di pelabuhan, seperti dilaporkan Associated Press (AFP), Selasa (4/8/2020).

Sementara itu, kelurga korban berkumpul di sekitar lokasi yang dijaga ketat petugas keamanan setempat. Mereka ingin mengetahui kondisi keluarganya yang berada di lokasi saat ledakan terjadi.

"Ambulans masih mengangkat orang mati," kata tentara di lokasi.

Ledakan terdengar hingga di Nicosia, pulau Mediterania timur Siprus, 240 kilometer (150 mil). Makrouhie Yerganian, pensiunan guru sekolah berusia 70-an yang tinggal di dekat pelabuhan itu sejak lama menuturkan, suara ledakan terdengar seperti bom atom.

"Saya sudah mengalami segalanya, tetapi tidak pernah seperti ini sebelumnya, bahkan selama perang saudara 1975-1990 di negara itu," tuturnya.

Editor : Kurnia Illahi