Ledakan Terdengar di Perbatasan Suriah Israel

Umaya Khusniah ยท Rabu, 18 Agustus 2021 - 07:37:00 WIB
Ledakan Terdengar di Perbatasan Suriah Israel
Sebuah serangan dari Israel ke Suriah. (Foto: Reuters)

AMMAN, iNews.id - Suara ledakan terdengar di Provinsi Quneitra, barat daya Suriah yang dekat perbatasan dengan Israel. Ledakan diduga berasal dari rudal milik Israel. 

Saluran televisi Mayadeen Lebanon pro-Damaskus melaporkan, rudal Israel menyerang daerah dekat kota perbatasan Druze Hadr. Kawasan ini merupakan zona yang sangat sensitif karena terletak di sebelah Dataran Tinggi Golan yang direbut Israel dari Suriah tahun 1967.

"Kami tidak mengomentari laporan asing," kata seorang juru bicara militer Israel, seperti dilansir dari Reuters.

Daerah ini, merupakan tempat penjaga perdamaian PBB mempertahankan gencatan senjata lama antara Israel dan Suriah. Di kawasan ini, ada milisi kuat dukungan Iran yang dipimpin oleh kelompok Hizbullah Lebanon.

Selama dua tahun terakhir, Israel secara dramatis memperluas serangan udara terhadap Iran yang dicurigai di Suriah. Israel berupaya mengusir apa yang mereka sebut 'perambahan militer diam-diam' oleh musuh bebuyutan regionalnya.

Israel mengatakan tidak akan mengizinkan Iran dan milisinya membangun militer permanen di sepanjang perbatasan. Bagi Israel, pembangunan militer memungkinkan Hizbullah menjadi ancaman besar bagi keamanannya.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: