Malaysia Catat Rekor Kasus Covid Lagi, Hampir 23.000 Orang Terpapar dalam Sehari

Anton Suhartono ยท Kamis, 19 Agustus 2021 - 16:02:00 WIB
Malaysia Catat Rekor Kasus Covid Lagi, Hampir 23.000 Orang Terpapar dalam Sehari
Malaysia kembali mencatat rekor penambahan kasus infeksi Covid yakni 22.948 orang pada Kamis (19/8) (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Malaysia kembali mencatat rekor baru penambahan kasus infeksi Covid-19 yakni 22.948 orang, Kamis (19/8/2021). Secara total kasus infeksi di Malaysia mencapai 1.489.460 orang.

Ini merupakan 2 hari berturut-turut Malaysia mencatat rekor penambahan harian setelah 22.242 kasus tercatat pada Rabu.

Lonjakan kasus ini terjadi saat Malaysia mengalami krisis kepemimpinan pasca-pengunduran diri Perdana Menteri Muhyiddin Yassin pada Senin lalu. Muhyiddin memang masih menjabat perdana menteri sementara sampai PM baru ditunjuk raja, namun pemerintahan bisa dibilang tak berjalan sebagaimana mestinya karena para menteri telah dibubarkan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Muhyiddin berjanji pelayanan publik tetap berjalan normal dan dia yakin herd immunity masih bisa dicapai jika program imunisasi Covid-19 berjalan lancar.

"Anda tidak perlu khawatir. Kabinet saya telah memesan lebih dari cukup vaksin. Jika program vaksinasi berjalan baik, Anda semua akan mendapatkan vaksinasi pada akhir Oktober, insya Allah," katanya, usai mengajukan pengunduran diri kepada Raja Malaysia, Sultan Abdullah, pada Senin lalu.

Pemerintahan Muhyiddin mendapat kecaman keras karena dianggap gagal dalam menangani pandemi Covid-19. Jumlah infeksi dan kematian terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir meskipun pemerintah menerapkan lockdown.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: