Mantan Menpora Malaysia Syed Saddiq Didakwa Korupsi Rp3,4 Miliar

Anton Suhartono ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 10:08:00 WIB
Mantan Menpora Malaysia Syed Saddiq Didakwa Korupsi Rp3,4 Miliar
Syed Saddiq (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Syed Saddiq Abdul Rahman didakwa dengan kasus korupsi, Kamis (22/7/2021). Dia dituduh menyalahgunakan uang 1 juta ringgit atau sekitar Rp3,4 miliar dari Partai Pribumi Bersatu Malaysia yang dipimpin Perdana Menteri Muhyiddin Yassin. Saddiq dulunya merupakan kader partai tersebut sbelum mendirikan yang baru, Muda.

Pria 28 tahun itu didakwa dengan dua tuduhan pelanggaran pidana kepercayaan di pengadilan di Kuala Lumpur, seperti dikutip dari The Straits Times. 

Penyalahgunaan uang itu diduga dilakukan saat dia menjabat ketua pemuda partai Bersatu sebelum runtuhnya pemerintahan Pakatan Harapan.

Sementara itu Saddiq mengatakan dakwaan tersebut bermotif politik. Dia juga mengaku diajak partai Muhyiddin untuk memberikan dukungan kepada koalisi Perikatan Nasional menjelang pertemuan parlemen pada Senin pekan depan.

Seperti diketahui, dukungan suara di parlemen untuk Muhyiddin berkurang setelah UMNO mengumumkan keluar dari koalisi Perikatan Nasional.

Tahun lalu, Saddiq mengajukan laporan polisi atas kehilangan 250.000 ringgit dari brankas di rumahnya di Selangor. Kasus ini justru mendorong penyelidikan Komisi Anti-Korupsi Malaysia terhadapnya.

Editor : Anton Suhartono