Mayoritas Negara NATO Dilaporkan Sudah Tak Sanggup Lagi Kirim Senjata ke Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 27 November 2022 - 15:02:00 WIB
Mayoritas Negara NATO Dilaporkan Sudah Tak Sanggup Lagi Kirim Senjata ke Ukraina
Sejumlah banner NATO terpampang di depan markas aliansi militer itu di Brussels, Belgia (ilustrasi). (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Sebanyak 20 dari 30 negara anggota NATO dilaporkan sudah tak sanggup lagi untuk memasok senjata ke Ukraina. Hal itu terungkap lewat laporan The New York Times, Sabtu (26/11/2022), dengan mengutip sumber-sumber di aliansi militer tersebut.

Kepada surat kabar AS itu, seorang pejabat NATO mengatakan, ketika Rusia memulai operasi militer di Ukraina pada Februari lalu, persediaan senjata yang dimiliki sebagian negara NATO hanya setengah dari yang seharusnya. Kini, jumlahnya semakin menipis.

Pada saat yang sama, kemampuan untuk memproduksi senjata yang dapat digunakan negara-negara NATO secara bergantian, hanya menghasilkan sedikit kemajuan. Sementara itu, menurut The New York Times, hanya 18 persen dari pengeluaran pertahanan negara-negara Uni Eropa yang kooperatif dengan NATO. 

Negara-negara NATO telah mengirimkan persenjataan senilai sekitar 40 miliar dolar AS (Rp627,74 triliun) ke Ukraina. Jumlah itu kira-kira setara dengan besaran anggaran pertahanan tahunan Prancis. Akan tetapi, banyak negara telah kehabisan kemampuannya untuk memasok peralatan militer ke Kiev.

Menurut seorang pejabat NATO, sebanyak 20 dari 30 negara anggota aliansi militer itu sudah tak sanggup lagi memberikan lebih banyak dukungan ke Ukraina. Namun, beberapa sekutu yang lebih besar, seperti Prancis, Jerman, Italia, dan Belanda, masih mampu untuk melakukannya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda