Memanas, 25 Jet Tempur dan Pembom China Masuk Wilayah Udara Taiwan

Djairan ยท Selasa, 13 April 2021 - 17:31:00 WIB
Memanas, 25 Jet Tempur dan Pembom China Masuk Wilayah Udara Taiwan
Pesawat tempur China memasuki wilayah udara Taiwan. (Foto Getty Images).

TAIPEI, iNews.id - Sebanyak 25 jet tempur dan pembom berkemampuan nuklir milik angkatan udara China dilaporkan memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, Senin (12/4/2021). Pemerintah Taiwan menyebut hal itu sebagai serangan terbesar yang diluncurkan China hingga saat ini.

Melansir Reuters, Selasa (13/4/2021), Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan misi terbaru China kali ini mengirim 14 jet tempur J-16, 4 jet tempur J-10, serta 4 pesawat pembom H-6K yang dapat membawa senjata nuklir. Lalu 2 pesawat anti-kapal selam dan 1 pesawat peringatan dini.

Laporan tersebut muncul tidak lama setelah Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Jumat pekan lalu mengeluarkan pedoman baru yang akan memungkinkan para pejabat AS dapat bertemu lebih bebas dengan pejabat Taiwan. Tujuannya memperdalam hubungan Washington dengan Taipei.

Taiwan mengeluhkan misi berulang oleh angkatan udara China di dekat wilayahnya selama beberapa bulan terakhir. Langkah China tampak terkonsentrasi di bagian barat daya zona pertahanan udara Taiwan, dekat Kepulauan Pratas.

Apa yang dikerahkan China pada Senin adalah serangan harian terbesar sejak Kementerian Pertahanan Taiwan mulai melaporkan aktivitas Angkatan Udara China di ADIZ secara rutin. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, jet tempur telah dikirim untuk memperingatkan pesawat China. Sistem rudal juga dikerahkan untuk memantau mereka.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2