Menlu AS Antony Blinken Memulai Kunjungan ke Indonesia Hari Ini

Anton Suhartono ยท Senin, 13 Desember 2021 - 14:44:00 WIB
Menlu AS Antony Blinken Memulai Kunjungan ke Indonesia Hari Ini
Antony Blinken (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken memulai kunjungan resmi di Indonesia, Senin (13/12/2021). Indonesia menjadi negara pertama tur Asia Tenggara Blinken.

Tujuan kunjungannya untuk memperkuat hubungan Indonesia serta kawasan. Seperti dipahami, ASEAN merupakan kawasan penting yang juga menjadi medan pertempuran strategis AS dan China.

Selama kunjungan di Indonesia, Blinken akan bertemu Presiden Joko Widodo serta tentunya Menlu Retno Marsudi pada Senin. Dia juga akan menyampaikan pidato tentang strategi Indo Pasifik AS kesokan hari. Pada kesempatan itu Blinken juga akan membahas visi pemerintahan Presiden Joe Biden dalam kerangka ekonomi Indo-Pasifik.

AS memiliki kepentingan yang besar di Asia Tenggara untuk menyangi pengaruh China. Pemerintahan Presiden Joe Biden ingin memperkuat kembali hubungan dengan kawasan ini. Diketahui, pemerintahan Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan perdagangan trans-Pasifik pada 2017, di mana ASEAN masuk di dalamnya, sehingga membatasi kekuatan pengaruh ekonomi negara itu di kawasan. Di sisi lain, China justru meningkatkan hubungan perdagangan dengan ASEAN.

Negeri Paman Sam dan para sekutunya menentang klaim China atas Laut China Selatan, jalur pelayaran yang dilalui sepertiga perdagangan global serta kaya akan sumber daya mineral.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan sebagai wilayahnya dan menolak ikut campur tangan AS.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda