Menlu China Wang Yi Bakal Kunjungi Jepang dan Temui PM Yoshihide Suga, Ada Apa?

Ahmad Islamy Jamil · Sabtu, 14 November 2020 - 14:35:00 WIB
Menlu China Wang Yi Bakal Kunjungi Jepang dan Temui PM Yoshihide Suga, Ada Apa?
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi, berkemungkinan mengunjungi Jepang akhir bulan ini. Dalam kunjungan itu, dia bakal bertemu dengan Menlu Jepang, Toshimitsu Motegi, untuk membicarakan kerja sama mengenai krisis virus corona dan situasi Laut China Timur.

Surat kabar Mainichi pada Sabtu (14/11/2020) melaporkan, Wang juga berkemungkinan melakukan kunjungan kehormatan ke Perdana Menteri, Yoshihide Suga. Laporan surat kabar itu mengutip beberapa sumber pemerintah Jepang.

Kunjungan Wang ke Jepang kemungkinan akan berlangsung setelah konferensi video para pemimpin kelompok Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 20 November dan pertemuan puncak virtual para pemimpin G-20 pada 21-22 November mendatang, kata surat kabar itu.

Kunjungan tersebut menyusul panggilan telepon antara Suga dan Presiden China Xi Jinping pada September lalu. Ketika itu, kedua pemimpin Asia Timur tersebut sepakat untuk memiliki lebih banyak komunikasi tingkat tinggi untuk mempromosikan stabilitas regional dan internasional.

Kunjungan kenegaraan yang direncanakan oleh Xi Jinping ke Jepang awal tahun ini dibatalkan karena wabah Covid-19. Ada kemungkinan kecil bahwa kedua negara akan membahas perincian penjadwalan ulang kunjungan Xi ke Jepang selama Wang berada di Tokyo nanti.

Suga, yang menjadi perdana menteri pada September, harus mengelola hubungan dengan Tiongkok karena hubungan antara China dan Amerika Serikat memburuk di tengah pandemi virus corona dan perang dagang yang berkepanjangan.

Jepang juga berselisih dengan Tiongkok mengenai kepemilikan pulau-pulau di Laut China Timur dan telah menyatakan keprihatinannya tentang peningkatan aktivitas militer China di wilayah tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil