Menlu Inggris Sambangi Ukraina, Ini yang Dia Janjikan 

Umaya Khusniah · Jumat, 25 November 2022 - 15:41:00 WIB
Menlu Inggris Sambangi Ukraina, Ini yang Dia Janjikan 
Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly mengunjungi Ukraina di awal musim dingin ini. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly mengunjungi Ukraina di awal musim dingin ini. Dia juga menjanjikan jutaan poundsterling sebagai dukungan lebih lanjut bagi Kiev untuk memastikan negara itu memiliki bantuan selama musim dingin. 

Dalam sebuah pernyataan dari kantor Kemenlu Inggris pada Jumat (25/11/2022) pagi, Cleverly menetapkan 3 juta pound sterling untuk membantu membangun kembali infrastruktur vital. Selain itu, Inggris juga berkomitmen 5 juta Pound sterling untuk mendukung Ukraina mengirimkan biji-bijian ke negara-negara yang berisiko kelaparan.

"Inggris berdiri bahu-membahu dengan Ukraina," kata Cleverly. 

Pekan ini, Ukraina mengalami serangan udara Rusia yang paling menghancurkan infrastruktur energinya selama berbulan-bulan invasi. 

Di Ukraina, Cleverly yang dirancang bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan Menteri Luar Negeri, Dmytro Kuleba juga mengutuk Rusia atas 'serangan brutalnya' terhadap warga sipil, rumah sakit, dan infrastruktur energi.

"Saya telah melihat di sini secara langsung bagaimana upaya Inggris membantu warga yang berani untuk melawan dan membangun kembali. Dukungan kami akan terus berlanjut selama negara yang luar biasa ini pulih," tambahnya.

Perjalanan Cleverly ke negara Eropa itu terjadi hanya beberapa hari setelah Perdana Menteri baru Rishi Sunak melakukan kunjungan pertamanya ke Kiev. Di sana, dia berjanji untuk melanjutkan dukungan kuat untuk Ukraina yang diberikan Inggris di bawah pendahulunya.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda