Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag Mundur Gara-Gara Pengungsi Afghanistan

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 September 2021 - 13:49:00 WIB
Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag Mundur Gara-Gara Pengungsi Afghanistan
Sigrid Kaag mengundurkan diri sebagai menlu Belanda setelah dikritik parlemen soal penanganan pengungsi Afghanistan (Foto: Reuters)

DEN HAAG, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Belanda Sigrid Kaag mengumumkan pengunduran diri, Kamis (16/9/2021). Pengumuman ini disampaikan setelah dia dikritik oleh mayoritas anggota parlemen soal evakuasi pengungsi Afghanistan pada Agustus.

Anggota parlemen dari seluruh kelompok politik kompak mengkritik kinerja Kaag. Dia dianggap bertanggung jawab atas kelambanan merespons soal Taliban. Selain itu dia dianggap gagal mempersiapkan evakuasi memadai bagi ribuan warga Afghanistan yang memenuhi syarat untuk mendapatkan suaka di Belanda.

"Komisi Anda sudah membuat keputusan, kabinet (dianggap) bertindak tidak bertanggung jawab. Menteri harus mundur jika kebijakannya ditolak," kata Kaag, dikutip dari Reuters, Jumat (17/9/2021). 

Pesawat militer Belanda mengevakuasi sekitar 2.100 orang dari Afghanistan ke negara tetangga selama 2 pekan pada Agustus. Sebanyak 1.700 di antaranya menjadikan Belanda sebagai tujuan akhir.

Namun evakuasi itu tak membawa ratusan warga Belanda, banyak di antaranya keturunan Afghanistan, sejumlah penduduk lokal yang bekerja untuk misi militer, jurnalis, dan organisasi non-pemerintah, karena tertinggal lantaran tidak bisa mencapai bandara di Kabul.

Kaag sempat menjabat sebagai koordinator khusus PBB untuk Lebanon pada 2015-2017. Sebelum itu dia memimpin tim PBB yang mengawasi penghancuran senjata kimia Suriah.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: