Mesir Tutup Akses Masuk ke Jalur Gaza di Rafah mulai Hari Ini, Ada Apa?

Ahmad Islamy Jamil · Senin, 23 Agustus 2021 - 06:30:00 WIB
Mesir Tutup Akses Masuk ke Jalur Gaza di Rafah mulai Hari Ini, Ada Apa?
Peralatan berat dari Mesir tiba di Gaza melalui perlintasan Rafah pada Mei lalu. (Foto: Reuters)

KAIRO, iNews.idMesir akan menutup perlintasan Rafah di perbatasannya dengan Jalur Gaza, Senin (23/8/2021) ini. Penutupan bakal berlangsung sampai pemberitahuan lebih lanjut, menurut sumber-sumber keamanan Mesir.

Hamas, selaku faksi Palestina yang mengontrol Gaza, mengaku telah diberi tahu pihak Mesir tentang keputusan untuk menutup penyeberangan di kedua arah. Akan tetapi, tak ada informasi perinci lebih lanjut tentang keputusan Kairo itu.

Menurut dua sumber keamanan Mesir yang dikutip Reuters, penutupan itu dilakukan untuk alasan keamanan menyusul eskalasi konflik antara Israel dan Hamas, akhir pekan lalu. Pada Sabtu (21/8/2021), pesawat tempur Israel kembali menyerang Gaza setelah inisden tembakan di perbatasan Gaza dengan pasukan zionis pada hari sebelumnya.

Rafah adalah satu-satunya perlintasan yang menghubungkan Mesir dan Gaza di jalur darat. Di luar itu, tak ada lagi akses menuju wilayah Palestina tersebut. Blokade yang dipimpin Israel telah membatasi pergerakan barang dan orang selama bertahun-tahun ke Gaza.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: