Naik Kereta, Kim Jong Un ke China Lagi

Anton Suhartono ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 10:05 WIB
Naik Kereta, Kim Jong Un ke China Lagi

Kim Jong Un dan Xi Jinping saat bertemu tahun lalu (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un berkunjung ke China. Ini merupakan kunjungan keempatnya sejak menjadi orang nomor 1 di Korut.

Seperti pada lawatan sebelumnya, keberangkatan Kim dan rombongan tak langsung diketahui pers. Kabar mengenai kunjungannya baru santer diketahui setelah kereta pribadi Kim melintasi perbatasan dua negara.

Kantor berita Korut KCNA, seperti dikutip dari AFP, Selasa (8/1/2019), melaporkan, kereta berangkat dari stasiun utama ibu kota Pyongyang pada Senin (7/1/2019). Dia didampingi istrinya Ri Sol Ju serta beberapa pejabat senior.

Menurut KCNA, Kim berkunjung atas undangan Presiden Xi Jinping. Rombongan berada di Beijing selama 4 hari dan akan pulang pada Kamis mendatang.

Kantor berita China Xinhua juga menginformasi kunjungan Kim.

Kunjungan ini memunculkan spekulasi yang kuat bahwa pertemuan jilid II antara Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan segera terwujud. Pasalnya, sebelum pertemuan jilid I di Singapura pada 12 Juni 2018, Kim lebih dulu bertemu Xi.

Pertemuan menghasilkan kesepakatan bersama denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun saat ini kelanjutan proses negosiasi denuklirisasi jalan di tempat.

Hal yang sama dilakukan Kim sebelum bertemu Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In.

China merupakan sekutu dekat Korut. Meskipun China menyetujui sanksi ekonomi atas Korut, negara itu punya jasa besar membantu pemerintahan Pyongyang meredam gejolak lebih besar. Tahun lalu Kim melawat ke China tiga kali menunjukkan rasa hormatnya kepada Xi.

Sementara itu kantor berita Korsel Yonhap, mengutip seorang sumber pemerintahan, melaporkan, kereta yang dinaiki Kim dan rombongan melintasi perbatasan pada Senin malam dan diperkirakan tiba di Beijing Selasa pagi waktu setempat.

Di kota perbatasan China, Dandong, puluhan kendaraan militer memblokade jalan di sekitar stasiun sampai kereta melintas.

Laporan lain menyebut, saat kereta melintas, tamu-tamu sebuah hotel di Dandong tidak diperbolehkan berada di kamar pada Senin petang, karena jendela ruang mereka menghadap ke sungai perbatasan. Dari jendela itu pula, kereta rombongan Kim bisa terlihat.


Editor : Anton Suhartono