Norwegia Pastikan Ikan Salmon Bukan Penyebab Kasus Corona di China

Anton Suhartono ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 21:35 WIB
Norwegia Pastikan Ikan Salmon Bukan Penyebab Kasus Corona di China

Norwegia menepis ikan salmon menjadi penyebab lonjakan kasus virus corona di Beijing (Foto: AFP)

OSLO, iNews.id - Norwegia menepis ikan salmonnya menjadi penyebab kasus baru virus corona di Beijing, China. Ikan tersebut dijual di pasar induk Xinfadi, Beijing.

Menteri perikanan Norwegia Mr Odd Emil Ingebrigtsen mengatakan, berdasarkan pertemuan para pejabat terkait dari kedua negara, otoritas China sepakat bahwa ikan salmon kemungkinan besar bukan sumber dari virus corona.

“Kami menghapus ketidakpastian dan penghentian ekspor salmon ke China," katanya, dikutip dari Reuters, Rabu (17/6/2020).

Lonjakan kasus Covid-19 lagi di Beijing dalam 6 hari terakhir kembali mengubah aktivitas sehari-hari warga. Banyak yang khawatir seluruh Beijing akan kembali di-lockdown. Sejauh ini baru sebagian wilayah saja, yakni di sekitar pasar Xinfadi yang dikunci, termasuk penutupan sekolah dan kegiatan perekonomian.

China menghentikan impor salmon dari Eropa setelah pada Sabtu (13/6/2020) muncul laporan virus corona ditemukan pada peralatan untuk menangani ikan tersebut. Sejak itu pula pasar induk Xinfadi ditutup.

Otoritas obat dan makanan Norwegia merespons, tidak ada bukti bahwa ikan bisa terinfeksi virus corona.

Editor : Anton Suhartono