Okinawa Keadaan Darurat Menyusul Peningkatan Kasus Covid-19 Pangkalan Militer AS

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 13:47 WIB
Okinawa Keadaan Darurat Menyusul Peningkatan Kasus Covid-19 Pangkalan Militer AS

Pangkalan militer AS di Prefektur Okinawa, Jepang (foto: BBC)

OKINAWA, iNews.id - Pemerintah Prefektur Okinawa, Jepang memberlakukan keadaan darurat setelah terjadi peningkatan kasus infeksi Covid-19 di fasilitas militer Amerika Serikat. Warga diminta tidak keluar rumah dalam jangka waktu tertentu.

Dilansir dari Russia Today, Minggu (2/8/2020) siang WIB, pemerintah mengeluarkan aturan pembatasan jam operasi untuk restoran dan mencegah orang dari perjalanan yang tidak perlu.

Namun demikian, aturan yang diberlakukan selama dua minggu ke depan tidak bersifar mengikat. Warga diminta agar menghindari kegiatan tidak penting diluar rumah agar tidak terinfeksi Covid-19.

"Wilayah kami telah mencapai tahap kritis dan bahwa keruntuhan sistem perawatan kesehatan harus dicegah dengan cara apa pun," kata Gubernur Okinawa, Denny Tamaki, dalam sebuah pernyataan.

Okinawa menjadi salah satu prefektur paling terdampak Covid-19 di Jepang. Pada Jumat (31/7/2020) kemarin, Okinawa mencatatkan jumlah kasus Covid-19 sebanyak 395 dengan 248 diantaranya berada di pangkalan militer Amerika Serikat di wilayah itu.

Otoritas militer AS di Jepang pekan lalu telah meningkatkan tes Covid-19 bagi warga sipil Jepang yang berkerja di dua pangkalan AS di Okinawa.

Editor : Arif Budiwinarto