Pakar WHO Optimistis Vaksin Mampu Kendalikan Covid pada 2021

Antara, Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 27 November 2020 - 14:38:00 WIB
Pakar WHO Optimistis Vaksin Mampu Kendalikan Covid pada 2021
Pakar kedaruratan WHO, Mike Ryan. (Foto: AFP)

DUBLIN, iNews.id – Pakar kedaruratan terkemuka Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Mike Ryan, memprediksi penggunaan vaksin Covid dapat memungkinkan dunia mengendalikan penyakit tersebut pada 2021. Dia pun yakin, suasana kehidupan yang normal seperti sebelum pandemi bisa kembali lagi.

“Kehidupan yang seperti dulu kita kenal, saya rasa sangat-sangat mungkin (kembali). Namun kita harus tetap menjaga kebersihan dan jarak fisik,” ujarnya kepada stasiun Irlandia, TV RTE, dikutip kembali Reuters, Jumat (27/11/2020) WIB.

“(Penggunaan) vaksin tidak berarti nol Covid-19. Menambahkan vaksin dalam langkah kita saat ini akan memungkinkan kita benar-benar menghancurkan kurva, menghindari penguncian, dan memiliki kendali atas penyakit tersebut,” kata dia.

Menurut dia, masyarakat dunia harus menyadari perlunya mengurangi peluang menginfeksi atau menularkan penyakit ke orang lain.

Sejumlah perusahaan telah merilis hasil akhir uji klinis vaksin corona yang mereka kembangkan. Beberapa di antaranya terbilang menggembirakan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil