Parahnya Kasus Covid di Belanda, Rumah Sakit Penuh Pasien Dikirim ke Jerman

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 November 2021 - 18:55:00 WIB
Parahnya Kasus Covid di Belanda, Rumah Sakit Penuh Pasien Dikirim ke Jerman
Pasien Covid di Belanda mulai dikirim ke Jerman akibat rumah sakit penuh (Foto: Reuters)

AMSTERDAM, iNews.id - Belanda mulai mengirim pasien Covid-19 negara itu ke Jerman akibat lonjakan kasus infeksi. Layanan kesehatan Belanda terus tertekan menyebabkan rumah sakit rujukan penuh.

Otoritas kesehatan Belanda menyatakan, seorang pasien Covid-19 dipindahkan menggunakan ambulans dari Rotterdam ke sebuah rumah sakit di Bochum, Jerman, berjarak sekitar 240 kilometer. Pasien lain menyusul dikirim di kemudian hari.

Jumlah pasien Covid di rumah sakit Belanda melonjak ke level tertinggi sejak Mei serta beberapa pekan terakhir. Diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat mengingat kasus infeksi harian juga melonjak ke rekor tertinggi.

Setiap rumah sakit di Jerman menawarkan 20 tempat tidur untuk pasien dari Belanda. setelah sempat merawat puluhan orang saat gelombang pandemi sebelumnya.

Pada Senin, 470 dari total 1.050 tempat tidur perawatan intensif di Belanda digunakan untuk pasien Covid-19. Rumah sakit mengurangi perawatan untuk penyakit lain, termasuk kanker dan operasi jantung guna menjamin ketersediaan tempat yang cukup.

Sementara itu rencana Pemerintah Belanda memberlakukan pembatasan lebih lanjut untuk menahan penyebaran virus corona memicu demonstrasi besar yang berujung kerusuhan. Demonstrasi pada Jumat hingga 3 hari selanjutnya berujung bentrokan, perusakan, dan pembakaran. Sejauh ini lebih dari 170 orang ditangkap.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: