Parlemen Kanada Nyatakan Ada Genosida Muslim Uighur di Xinjiang, China Bereaksi

Djairan ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 21:02:00 WIB
Parlemen Kanada Nyatakan Ada Genosida Muslim Uighur di Xinjiang, China Bereaksi
Salah satu kamp penahanan Muslim Uighur di Xinjiang, China. (Foto: AFP)

OTTAWA, iNews.id – Parlemen Kanada pada Senin (22/2/2021) waktu setempat sepakat menyatakan perlakuan China terhadap kaum minoritas Muslim Uighur di kamp-kamp di Wilayah Xinjiang sebagai genosida. Parlemen negara itu juga mendesak Perdana Menteri Justin Trudeau mendukung mosi tersebut.

Parlemen Kanada memberikan suara bulat 266 untuk mosi tersebut, yang diusulkan oleh Partai Konservatif dari golongan oposisi. Sementara, Trudeau dan kabinetnya memilih abstain dalam pemungutan suara, meski Partai Liberal pimpinannya secara luas juga mendukung pernyataan kelompok oposisi itu.

Mosi tersebut sempat diamendemen sebelum pemungutan suara, dengan menambahkan beberapa poin yang menuntut Komite Olimpiade Internasional untuk memindahkan Olimpiade Musim Dingin 2022 dari Beijing jika aksi genosida terus berlanjut.

Kelompok oposisi Kanada telah menekan Trudeau untuk bersiap lebih keras terhadap China. Seperti diketahui, China mendapat kritik besar-besaran karena telah mendirikan kamp-kamp di Xinjiang yang disebut-sebut menjadi lokasi di mana para etnik muslim minoritas ditindas dan bahkan diperkosa secara massal.

Hal itu kembali diulas dalam laporan BBC beberapa waktu lalu, mengutip kesaksian sejumlah korban dan bekas penjaga kamp. “Kami tidak bisa lagi mengabaikan ini. Kita harus menyebutnya apa adanya, genosida,” ujar anggota Parlemen Kanada dari Partai Konservatif, Michael Chong, dikutip Reuters, Selasa (23/2/2021).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2