Pawai Bendera Israel Digelar, Warga Palestina Siapkan Aksi Protes

Umaya Khusniah · Selasa, 15 Juni 2021 - 06:54:00 WIB
Pawai Bendera Israel Digelar, Warga Palestina Siapkan Aksi Protes
Bentrokan antara polisi Israel dengan warga Palestina di dekat Gerbang Damaskus, tepat di luar Kota Tua Yerusalem, 10 Juni 2021. (Foto: REUTERS)

YERUSALEM, iNews.id - Pawai bendera yang akan digelar Selasa (15/6/2021) pukul 18.30 waktu setempat diperkirakan akan menimbulkan ketegangan antara Israel dan Palestina. Palestina berencana akan menggelar aksi protes di seluruh Jalur Gaza. 

Faksi Fatah Hamas dan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas telah meminta warga untuk berduyun-duyun ke Kota Tua untuk melawan pawai tersebut. 

Media Israel melaporkan militer Israel telah membuat persiapan untuk kemungkinan eskalasi di Gaza selama pawai. Kedutaan Besar AS di Yerusalem juga melarang karyawan dan keluarga mereka memasuki Kota Tua pada hari Selasa.

Sebelumnya, beberapa kelompok sayap kanan Israel telah merencanakan prosesi pengibaran bendera melalui Gerbang Damaskus Kota Tua pada Kamis (10/6/2021). Hamas telah memperingatkan akan adanya permusuhan baru jika acara itu dilanjutkan.

Akhirnya, kelompok sayap kanan membatalkan pawai Kamis setelah polisi menolak izin mereka. Tetapi setelah pertemuan kabinet pada Selasa (8/6/2021), Benjamin Netanyahu yang saat itu masih menjabat perdana menteri mengatakan, para menteri telah sepakat pawai dapat diadakan minggu depan jika penyelenggara dan polisi mencapai kesepakatan.

Kini, pemerintahan Israel yang baru di bawah Perdana Menteri, Naftali Benneth menyetujui pawai bendera diadakan pada Selasa (15/6/2021). Namun untuk rute pawai belum diumumkan secara resmi.

Editor : Umaya Khusniah